Metro-SMA Muhammadiyah 2 Metro dan MA Muhammadiyah Metro melaksanakan kegiatan perkaderan Baitul Arqom bagi guru dan karyawannya. Acara bersama ini berlangsung di komplek Muhammadiyah Metro, Rabu-Kamis, 20-21 Desember 2023. Peserta berjumlah 37 orang yang terdiri dari MAM 24 dan SMA 13 orang.

Kegiatan dikelola langsung oleh Majelis Pembinaan dan Sumberdaya Insani Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Metro.  

Hadir dalam pembukaan sekretaris PDM kota metro, Zaenal Abidin, ketua PCM Metro Pusat, M. Arqom, ketua MPKSDI PDM Kota Metro, Agus Pujianto.

Dalam sambutannya ketua PCM Metro Pusat, menyampaikan tentang sejarah Baitul Arqom di masa Rasulullah. Bahwa salah satu kegiatan Baitul Arqam adalah untuk melahirkan kader kader persyarikatan yang memiliki integritas yang tinggi.

“Memiliki semangat untuk aktif di persyarikatan dan juga membesarkan amal usaha dimana tempat nya bekerja sebagai ladang dakwah.” Ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa Baitul Arqom adalah sistem perkaderan yang ada di persyarikatan Muhammadiyah, sehingga kegiatan ini sebagai bagian upaya Muhammadiyah guna mewujudkan tujuan dan cita-cita Muhammadiyah serta untuk keberlangsungan gerakan dakwah Muhammadiyah.

“Dengan lahirnya kader kader yang memiliki integritas tinggi akan semakin menjadikan persyarikatan Muhammadiyah lebih baik dan maju dalam setiap gerakan dakwahnya.” Pungkasnya.

Senada dengan itu, sekretaris PDM Kota Metro, Zaenal Abidin, menyampaikan dalam sambutannya, bahwa Baitul Arqom ini bukan semata mata sudah pernah ikut atau belum ikut Baitul Arqom.

“BAitul Arqom adalah bagian dari sistem yang ada di persyarikatan dan harus diikuti,” terangnya.

Beliau mengibaratkan sebagai mana Handphone yang jika digunakan terus menerus lama kelamaan akan lemah baterai nya dan perlu di charge. Begitu juga kegiatan Baitul Arqom ini dalam rangka untuk meningkatkan kembali pengetahuan dan pemahaman tentang agama yang dipahami oleh Muhammadiyah.

“Guru dan karyawan harus memahami tentang agama Islam secara benar sebagaimana yang dipahami Muhammadiyah, baik itu dalam hal ibadah, muamalah dan lainnya.” Pungkasnya.

Kegiatan Baitul Arqom yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut, menghadirkan pemateri yang memiliki kualifikasi dalam bidangnya dan berpengalaman dalam mengembangkan kepemimpinan di persyarikatan dan amal usaha Muhammadiyah. Materi I, Hakekat Islam: Peran Tauhid dalam Kehidupan yang disampaikan Ustadz Abdurrohman Hamdi, M.A. Materi II: Tuntunan Ibadah sesuai putusan Tarjih, Narasumber : Ustadz Hiban Najib, M.Pd.I. Materi III: MKCHM (Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup, Narasumber : H. Bambang ST, S.Ag. Materi IV: Gerakan Jamaah dan Dakwah Jamaah, Narasumber: Khoeroni, M.Pd. Materi V: Revitalisasi Pendidikan Muhammadiyah, Narasumber: Ihwan, S.Ag., M.Pd. Materi VI : Revitalisasi Cabang dan Ranting Muhammadiyah, Pemateri : Zenni Mahmud, M.Pd. (Mr. rius)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.