Metro- Aula Kampus 2 SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kota Metro menjadi saksi bagi seluruh Amal Usaha Muhammadiyah Kota Metro yang hadir pada Jum’at dan Sabtu, 15-16 September 2023, untuk mengikuti Tausiyah dan Workshop Kebudayaan yang diadakan oleh Lembaga Seni dan Olahraga (LSBOM) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Metro bersama Wakil Ketua Lembaga Seni dan Budaya Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Kyai Cepu (Kusen, S.Ag., M.A., Ph.D).

Dalam kegiatan para peserta sangat antusias, Kyai Cepu menguraikan pentingnya pendekatan dakwah melalui seni dan budaya, dengan merujuk pada dokumen Dakwah Kultural yang dimiliki oleh Muhammadiyah.

 Pemateri ini dengan tegas menyampaikan pesan agar warga Muhammadiyah menghindari sikap tekstualis dan menerapkan pendekatan dakwah yang lebih inklusif, seperti yang dipegang oleh Kiai Ahmad Dahlan.

Sosialisasi ini menjadi penting karena masih ada sebagian umat muslim yang merasa skeptis terhadap seni, menganggapnya sebagai bid’ah dan haram. Kyai Cepu menyamakan seni dan budaya dengan pisau tajam yang tergantung pada penggunaannya dan niatnya. Oleh karena itu, Muhammadiyah berupaya untuk mengubah pandangan ini dan mendorong penggunaan seni dan budaya sebagai alat untuk menyebarkan ajaran Islam.

Dalam sambutannya, Bidang Lembaga Seni Budaya dan Olahraga Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Metro menekankan pentingnya pengembangan kreativitas melalui seni budaya, sastra, kriya, musik, lagu, film, dan berbagai bentuk seni lainnya. Harapannya, melalui seni dan budaya, nilai-nilai ajaran Islam dapat ditingkatkan dan disebarkan dengan lebih luas.

Dengan semangat yang menyala-nyala, peserta berharap bahwa kegiatan ini akan menjadi langkah awal menuju pemahaman yang lebih baik tentang peran seni dan budaya dalam dakwah Islam, serta menghindari sikap tekstualis yang sempit. (misr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.