METRO-LazisMu Kota Metro menyerahkan laporan IKAL dan ZISKA kepada Pimpinan Muhammadiyah Lampung. Penyerahan disampaikan oleh Drs. Budi Pranoto Pleno PDM Kota Metro membidangi LazisMu yang diterima oleh Dr. Syamsul Hilal, S.Ag, M.Ag., Wakil Ketua PWM Lampung.

Laporan satu periode yang terdiri dari dua berkas, pertama Laporan Indikator Kinerja Aksi Layanan (IKAL) yang mencangkup Laporan kelembagaan serta Laporan keuangan pengelolaan ZISKA dan yang kedua Laporan Realisasi Program dari Pilar Pendidikan, Pilar Dakwah, Pilar Ekonomi, Pilar Kesehatan, dan Pilar Sosial Kemanusiaan.

Penyerahan bersamaan dengan kunjungan dan pembinaan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Metro beserta Jajarannya, Majelis, Lembaga, Ortom serta Cabang Muhammadiyah se-Kota Metro. Pada kesempatan ini pula setiap pimpinan Majelis, Lembaga dan Ortom menyampaikan laporan satu periode atas kepemimpinannya. Sebagai laporan pertanggungjawabannya baik secara tertulis maupun secara lisan pada hari Ahad, 16 Januari 2022, yang lalu. bertempat Aula Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Metro.

Sebelumnya, Laporan LazisMu diserahkan kepada Drs. H. Hairuddin Rustam, selaku Sekretaris PDM Kota Metro. Beliau menyampaikan apresiasi terhadap Lazismu Kota Metro yang telah berbuat banyak untuk Masyarakat.

“Pergerakan LazisMu Kota Metro sudah begitu baik dalam pelaksanaan programnya. Semoga kedepan program pemberdayaan masyarakat lebih ditingkatkan lagi agar mengurangi kesenjangan masyarakat, khususnya di Kota Metro. Selain itu, yang juga tidak kalah penting adalah gerakan penghimpunan dana, melalui gerakan Zakat perlu menjadi prioritas terutama untuk masyarakat umum,” jelasnya.

Ketua LazisMu Kota Metro, H. Ismail, S.Ag. M.Pd., menyampaikan bahwa laporan ini menjadi pertanggungjawaban Lazismu Kota Metro selaku yang diamanahkan persyarikatan untuk mengelola zakat infaq shodaqoh dan dana keagamaan lainnya (ZISKA) yang dititipkan oleh para donatur, munfiq, serta muzakki. “Laporan ini ditujukan sebagai upaya untuk meningkatkan trust masyarakat kepada Lazismu Metro sebagai pihak yang mengelola dana titipan umat,” paparnya.

Dilain kesempatan, Staf Keuangan LazisMu Kota Metro, Dewi Lailati Sulam, S.Ak. juga menyampaikan bahwa Laporan yang diserahkan merupakan laporan Lazismu selama satu periode, dalam perjalanannya pada satu periode kepengurusan Lazismu Daerah Kota Metro telah mengikuti sebanyak 2 kali Audit Eksternal. Untuk laporan keuangan tahun 2019 dan 2020. Audit ini diselenggarakan oleh Lazismu Pusat dengan auditor independen KAP AR Utomo, untuk laporan keuangan tahun 2019 Lazismu Daerah Kota Metro meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan informasi terbaru, untuk laporan tahun 2020 juga meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), sedangkan untuk tahun 2021 masih dalam proses pemberkasan Audit.

Kontributor: Tim LazisMu Metro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.