Metro, 25/2/2024 – Lembaga Penelitian Pengembangan Aisyiyah (LPPA) di bawah kepemimpinan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kota Metro menjadi sorotan dalam kegiatan Kelas Literasi Santriwati Imadul Bilad Aisyiyah Kota Metro pada Minggu, 25 Februari 2024.

Acara yang dihadiri oleh 40 mahasiswa ini berlangsung di Gedung Lantai 3 Pondok Imadul Bilad Aisyiyah Kota Metro dengan tema “Ilmu yang Mencerahkan, Kreativitas yang Mencerdaskan”.

Sebelumnya, LPPA telah melakukan survei terkait minat santri dalam bidang literasi. Hasil survei menunjukkan bahwa hampir 80% dari mereka memiliki minat dalam menulis cerpen atau fiksi, sementara sisanya tertarik pada jurnalistik, puisi, dan seni gambar.

Sebanyak 10 anggota LPPA PDA Kota Metro turut serta dalam mendampingi kelas-kelas literasi ini. Ketua LPPA, Tri Hanifah, menantang para santri mahasiswa untuk mempertimbangkan apakah kegiatan akan berakhir dengan seminar ilmu penulisan atau akan melanjutkan hingga proses pembuatan produk.

Salah satu narasumber kegiatan literasi, Sin Hadiyah, membagikan kiat dalam penulisan cerita pendek. Acara juga dimeriahkan dengan ice breaking yang dipandu oleh Siti Aisah, Aulia Hanifah, dan Rina.

Siti Mutmainah, salah satu anggota LPPA, menegaskan komitmen LPPA untuk mendukung hingga proses penerbitan buku. Ia juga mendorong para peserta untuk tetap menjaga semangat berliterasi. Selain itu, Rohania, Kepala SMK Muhammadiyah 1 Metro, memberikan dukungan yang kuat agar para santri Imadul Bilad terus menghasilkan karya-karya buku yang membanggakan.

Dalam kesempatan ini, sebagai penutup acara Dr. Kuliyatun, dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Metro sekaligus sebagai anggota LPPA juga turut memberikan motivasi, agar para santri bisa bersinergi, berkoordinasi dan saling mengingatkan dalam merealisasikan hasil kepenulisan ini.

Kegiatan literasi ini menjadi langkah penting dalam memperkuat minat dan kemampuan literasi para santriwati, semoga berdampak positif dalam pengembangan potensi mereka ke depannya.

Kontributor : LPPA PDA Kota Metro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.