Surakarta-Delegasi 85 Media Afiliasi Muhammadiyah berkumpul dalam ramah-tamah pra acara Jambore Media Afiliasi Muhammadiyah, Jumat 22 Juli 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Halaman Pesantren Mahasiswa (Pesma) K.H. Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kegiatan yang dilaksanakan sebagai awal dimulainya Jambore ini dipandu oleh Budi Santoso, penanggung jawab acara dan Mukhtarom, panitia pelaksana kegiatan. Dilaksanakan kegiatan ini bertujuan agar masing-masing delegasi jambore saling mengenal dan bertukar pengalaman mengenai medianya masing-masing.

Mukhtarom, menjelaskan bahwa kegiatan ini pada awalnya akan dilaksanakan pada tahun 2020 yang lalu, sebagai suksesi Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48, yang semula akan dilaksanakan pada Juli 2020. Namun, karena pandemi kegiatan ini tertunda selama dua tahun.

Ia menambahkan, awalnya kegiatan ini diinisiasi untuk media afiliasi Muhammadiyah saja, namun karena media official Muhammadiyah pada tingkat wilayah dan daerah menginginkan untuk ikut serta, panitia pun mengundang Media Official Muhammadiyah juga.

“Kegiatan ini dilaksanakan bukan atas nama Majelis Pustaka dan Informasi, tetapi dilaksanakan oleh kepanitiaan Muktamar Muhammadiyah ke-48 yang tujuannya untuk suksesi Muktamar. Nantinya peserta Jambore ini akan dilibatkan dalam peliputan Muktamar. Tentu tidak semua, tetapi akan diadakan seleksi dengan cara selama kegiatan berlangsung, masing-masing peserta diwajibkan membuat 6-10 berita dan dirilis di medianya masing-masing.” Tutur Mukhtarom.

Lebih jauh Muhtarom menjelaskan, rundown acara Jambore Media Afiliasi Muhammadiyah yang dilaksanakan sampai Minggu, 24 Juli 2022.

“Kegiatan ini mencakup pembukaan acara, akan dilaksanakan pada hari Sabtu di Aula Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dilanjutkan dengan materi Strategi Optimasi Sosial Media, Strategi Dakwah Muhammadiyah dalam Ranah Media dan Cyber, Peran Media Afiliasimu, pada Muktamar Muhammadiyah & Aisyiyah ke-48, Olahraga dan meninjau tempat-tempat yang digunakan dalam acara Muktamar,”lebih lanjut Muhtarom memaparkan.

Selain itu, Mukhtarom pun menyampaikan, akan ada pertunjukkan musik dan Tari Saman dari mahasiswa UMS, serta Tabligh Akbar. Serta pada sesi akhir akan ada rencana tindak lanjut agar kegiatan ini tidak hanya sebatas bertemu kemudian pulang masing-masing tanpa ada hasil. (el)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.