METRO-Rabu, 19 Januari 2022. Program kemanusiaan Lazismu bersama MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) Kota Metro dalam program Indonesia Siaga melaksanakan penyaluran bantuan berupa bahan material kepada keluarga Superman. Salah satu warga yang menjadi korban angin kencang disertai hujan lebat menerjang Margorejo, pada 08 Januari 2022, yang lalu.

Menurut Suparman, Kronologis kejadiannya, sekitar pukul 17:30 WIB terjadi hujan badai disertai angin kencang, yang berlangsung 5-10 menit. Sedangkan hujan dengan curah hujan sedang-tinggi berlangsung sekitar 30-60 menit.

“Dalam kejadian tersebut sebanyak 16 rumah mengalami kerusakan, termasuk rumah saya mengalami rusak berat, terangnya, menceritakan kronologi kejadiannya.

Suparman dan keluarga masih tinggal di salah satu rumah milik tetangganya sembari menunggu rumahnya yang rusak selesai dibangun kembali. Ia berpesan, agar kita dapat lebih waspada dan terlindung dari bahaya.

“Alhamdulillah terimakasih atas bantuannya, ini benar-benar sangat membantu bagi saya dan keluarga. Semoga Lazismu, dan tim MDMC selalu melaksanakan program-programnya dengan maksimal dan dapat berkembang lebih baik lagi,” pungkasnya.

 

Bagus darmawan, selaku tim penyaluran program menyampaikan bahwa dari penyaluran ini adalah realisasi dari hasil assesment tim MDMC yang sebelumnya melakukan survei dan mengkaji terkait dampak angin kencang yang menyebabkan kerusakan beberapa rumah warga setempat.

“Sudah ada alokasinya tersendiri untuk program kemanusiaan, kebencanaan yaitu Indonesia Siaga, dampak kerusakan angin kencang kemarin juga termasuk musibah dan bencana yang kita semua tidak dapat memprediksi,” laporannya.

Diketahui bersama, cuaca ekstrem yang melanda Indonesia khususnya Lampung terjadi beberapa waktu ini, hal ini telah diperkirakan BMKG. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem di 26 wilayah di Indonesia. Menurut perkiraan BMKG, sebanyak 19 wilayah berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang. 19 wilayah tersebut di antaranya, Lampung, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur Kalimantan Timur dan Papua.

Kontributor: Tim Lazismu Kota Metro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.