METRO-Mengusung tema “Menjadi Muslim yang kaffah dan istiqomah” Lazismu Kota Metro bersinergi program dengan Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Metro mengadakan pembinaan dan santunan kepada kurang lebih 40 orang mualaf. Acara berlangsung pada Sabtu, 25 September 2021, di Aula Gedung Dakwah PDM Kota Metro.

Acara dihadiri Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Metro, H. Masnuni M Roi, M.Pd.I., Ketua Lazismu, Ismail, S.Ag., M.Pd., dan Sekretaris Majelis Tabligh Ustadz Hiban Najib, M.Pd.

Salah satu program Lazismu Pusat adalah Pembinaan terhadap mualaf. Sebab, mereka termasuk dari 8 golongan asnaf yang berhak sebagai penerima zakat. Bertujuan untuk melakukan pendampingan dan pembinaan. Program ini diharapkan, agar saudara para mualaf mampu mendalami nilai dan syariat islam, dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Mereka adalah saudara muslim, dan kita diperintahkan oleh Allah untuk tidak meninggalkan, terlebih mengabaikannya.

Ismail, S.Ag., M.Pd., menyampaikan, bahwa: melalui program pembinaan mualaf dapat menjadi jalan bersama-sama belajar memahami agama islam.

“Tugas kita sebagai sesama muslim kepada saudara mualaf kita adalah membimbing dan memfasilitasi mereka agar bisa dapat menjadi muslim yang kaffah dan istiqomah.

Beliau juga menyampaikan gagasan program pembinaan lebih intensif dengan lebih kreatif.

“Diharapkan kedepan Muhammadiyah Kota Metro melalui Majelis dan Lembaganya dapat membentuk Mualaf Center sebagai sarana bagi mereka yang ingin belajar islam lebih dalam. Program pemberdayaan untuk mualaf, mengoptimalkan potensi mualaf demi meningkatkan kesejahteraan mualaf secara ekonomi”, ungkapnya.

Seperti yang disampaikan oleh Ustadz Masnuni M Roi, M.Pd.I dalam sambutannya beliau menjelaskan, beberapa keistimewaan dan keutamaan seorang mualaf. Pertama, mendapatkan ampunan dosa ini ada didalam Q.S Al Anfal: 38 “katakanlah kepada orang-orang kafir itu, jika mereka berhenti dari kekafiran, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosa mereka yang sudah lalu”, kedua dihapuskan keburukannya, disampaikan dalam sebuah hadits bahwa jika seorang hamba masuk islam, lalu islamnya baik. Maka Allah akan menulis semua kebaikan yang pernah dia lakukan, dan dihapus darinya semua keburukan yang pernah dia lakukan. Ketiga menggugurkan dosa, keempat jauh dari kesyirikan, kelima terhindar dari kesia-siaan, selanjutnya terhindar dari azab Allah.

Program ini juga mendapat disupport dari Ibu-ibu Jamaah pengajian Al Hilal.  Sebagai wujud dari kepercayaan kepada LazisMu Kota Metro untuk menjalankan program bagi para mualaf. Diharapkan agar sinergi program dapat lebih luas dan semakin banyak masyarakat yang peduli dan berpartisipasi dalam berbagai program dari lazismu Kota Metro baik support dalam bentuk moril ataupun materil.

Ernawati salah satu peserta pembinaan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Muhammadiyah Metro, kepada Lazismu Kota Metro yang telah mengadakan acara ini.

“Alhamdulillah saya sampaikan terimakasih banyak kepada Muhammadiyah Metro dan Lazismu Kota Metro telah mengadakan acara ini untuk kami para mualaf,  jujur ini sangat membantu kami karena selama ini lumayan kesulitan untuk mencari tempat belajar agama, terlebih usia saya sudah tidak muda lagi. Semoga kedepannya Lazismu Kota Metro dapat menjalankan berbagai program terkait pembinaan muallaf agar semakin luas”,tutupnya.

(Dewi, Kontributor Lazismu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.