Metro-Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah Metro menggelar Pengajian Song-song Ramadhan 1445 H dan sekaligus pembekalan dan pelepasan Santri hijrah. Acara berlangsung di masjid Al Mujahidin Muhammadiyah Metro, Jumat, 8 Maret 2024. Acara ini bertujuan untuk mempersiapkan diri menyambut bulan suci Ramadhan.

Waka kesiswaan Madrasah Aliyah Muhammadiyah Metro, Hendri Suryadi, dalam sambutannya menyampaikan, santri hijrah ini dilaksanakan setiap tahun di bulan Ramadhan.

“Tujuan dari santri hijrah ini untuk menambah pengalaman santri Madrasah Aliyah Muhammadiyah dan memanfaatkan waktu dengan semaksimal mungkin,”Ungkapnya.

Pengajian ini mengundang pemateri Muslihudin, dan juga dihadiri oleh dewan guru dan seluruh siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Metro.

Muslihudin menjelaskan, perlunya menanamkan niat ibadah karena Allah SWT, bukan diniatkan yang lain.

“Pertama yang perlu ditanamkan adalah niat karena Allah, yang kedua beramal yang terbaik saat bulan Ramadhan.

Ia juga berpesan kepada santri yang akan melaksanakan dakwah, yang disebut santri hijrah untuk banyak belajar dan tetap tangguh dalam menghadapi medan dakwah.

“Untuk santri yang akan mengikuti kegiatan santri hijrah, harus kuat mental, jangan takut, menjaga penampilan, dan di jadikan pengalaman, pembelajaran, mendewasakan diri kita sendiri” pungkasnya.

MA Muhammadiyah Metro menerjukan 24 santrinya yang ada di Pondok Pesantren Darul Arqom dibeberapa tempat. Berikut lokasi da’i hijrah: Waway Karya berjumlah 7 santri, Sribawono 7 santri, dan Sekampung 8 santri yang dibagi jadi 2 kelompok.

Kontributor: Mahasiswa PKL UM Metro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.