METRO-Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro) menggelar Pengajian Songsong Ramadhan dengan tema “Menggapai Taqwa di Bulan Ramadhan 1445 H” di Masjid Ulul Al-Bab kampus 1 pada Jumat, 1 Maret 2024. Acara ini bertujuan untuk mempersiapkan diri menyambut bulan suci Ramadhan dengan menjalankan ibadah yang lebih berkualitas.

Pengajian ini mengundang pemateri KH. Zakaria Ahmad, BA, ketua MUI Kota Metro dan juga dihadiri oleh Rektor dan seluruh Tenaga Pendidik dari Universitas Muhammadiyah Metro. Dalam sambutannya, Rektor Nyoto Suseno menyampaikan bahwa pendidikan selama Ramadhan harus mengikuti contoh terbaik dari Nabi Muhammad SAW, dengan memperkuat nilai-nilai kejujuran, amanah, kecerdasan, dan keberanian.

Zakaria Ahmad menjelaskan tentang “penyakit” spiritual yang sering muncul selama bulan Ramadhan, seperti bohong, namimah, ghibah, sumpah palsu, dan pandangan yang tidak pantas terhadap lawan jenis. Dia menekankan pentingnya menjaga kejujuran dalam berucap dan bertindak, serta menjaga sikap yang baik terhadap sesama manusia.

Untuk menghindari penyakit spiritual tersebut, Zakaria menyarankan agar umat Islam meningkatkan aktivitas ibadah seperti shalat berjamaah, shalat tarawih, dan membaca Al-Quran dengan lebih intensif. Shalat berjamaah di masjid atau di rumah dapat memperkuat ikatan sosial dan meningkatkan pahala shalat. Shalat tarawih di malam hari memberikan kesempatan untuk merenung dan mendalami hubungan spiritual dengan Allah. Sementara membaca Al-Quran tidak hanya membantu memahami ajaran Islam, tetapi juga membawa kedamaian dan ketenangan pikiran.

Dengan menganut saran-saran tersebut, bulan Ramadhan tidak hanya menjadi masa untuk menahan lapar dan haus, tetapi juga sebagai waktu untuk introspeksi, beribadah, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.